Selamat Datang di Web Diwira Travel dapatkan update promo terbaru dengan invite pin kami : 7FB25D41 / 27ADC94F dan add juga channel resmi kami di line @diwira_travel_bali

Pages

Objek Wisata Taman Tirta Gangga

Tirta Gangga
Tirta Gangga merupakan taman air kerajaan milik keluarga kerajaan Karangasem. Terletak di desa Ababi, sekitar 83 km dari Denpasar atau 6 km sebelah utara Amlapura, ibukota Kabupaten Karangasem. Tirta berarti air yang diberkati dan diambil dari nama sungai Gangga di India. Air dari mata air Tirta Ganga dianggap sebagai air suci oleh umat Hindu di Bali. Mata air ini diperlukan untuk upacara yang diselenggarakan oleh Pura-Pura di sekitar Tirtagangga yang dapat dicapai dengan berjalan kaki.

Sejarah Taman Tirta Gangga

Tirta Gangga berarti air suci dari sungai Gangga yang merupakan sungai yang disucikan oleh umat Hindu.  Tirta Gangga adalah sebuah istana taman air kerajaan yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem yang bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Arsitektur taman air ini merupakan gabungan dari arsitektur gaya Bali dan Cina. Sebelum dibangun menjadi taman air, sumber air telah berada di sana sebelumnya, yang digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar akan air namun diyakini juga sebagai air suci untuk memurnikan setiap energi buruk di sekitar daerah tersebut.
Yang menarik dari istana taman air ini adalah kolam yang dilengkapi dengan labirin dan air mancur serta dikelilingi oleh taman yang rimbun dan patung-patung. Pada tahun 1963 tempat ini luluh lantak oleh dahsyatnya letusan Gunung Agung, namun dengan penuh kecintaan akhirnya taman ini berhasil di bangun kembali dengan tetap mempertahankan struktur istana taman air sebelumnya. Inti dari taman air ini adalah adanya sebelas air mancur berjenjang yang dikelilingi oleh patung-patung dan berbagai ornamen ukiran yang sangat menarik.
Luas taman air Tirta Gangga ini adalah 1,2 ha, terdiri dari tiga tingkatan tanah membentang dari timur ke barat. Di tingkat menengah, tingkat Bwah, terdapat sebelah buah air mancur Nawa Sanga berdiri elegan. Dan di tingkat Bhur, di sisi kiri jalan, lurus dari pintu masuk di sebelah barat terdapat kolam besar dengan sebuah pulau di tengah-tengahnya.
Daerah disekitar taman wisata Tirta Gangga ini masih tetap mempertahankan kealamiannya dengan hamparan sawah yang sangat indah untuk dinikmati. Dan sekarang banyak juga dibangun home stay, hotel dan restoran namun dengan tetap mempertahankan keaslian alam disekitarnya.

Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi objek wisata Taman Tirta Gangga selama anda berlibur di Bali. Jika anda butuh bantuan untuk melakukan perjalanan tour, Diwira Tour & Travel senantiasa akan membantu keperluan tour anda selama di Bali.


Jam Pelayanan :

Senin - Jumat : 09.00 - 17.00 Wita

Sabtu : 09.00 - 15.00 Wita

Tour Reservation

Reservation