Selamat Datang di Web Diwira Travel dapatkan update promo terbaru dengan invite pin kami : 7FB25D41 / 27ADC94F dan add juga channel resmi kami di line @diwira_travel_bali

Pages

Objek Wisata di Kabupaten Gianyar

Lambang Kabupaten Gianyar
Kabupaten Gianyar merupakan salah satu kabupaten yang ada di propinsi Bali. Kabupaten Gianyar  berbatasan dengan Kabupaten Bangli di sebalah utara, Kabupaten Badung disebelah barat, Kabupaten Klungkung disebelah timur dan Kodya Denpasar disebelah selatan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 368.00 km2 dengan  7 kecamatan, 6 kelurahan dan 64 desa.

Sejarah Kabupaten Gianyar

Sejarah Kota Gianyar dimulai pada 236 tahun yang lalu, 19 April 1771, ketika Gianyar dipilih menjadi nama sebuah keratin atau Puri Agung yaitu Istana Raja (Anak Agung) oleh Ida Dewa Manggis Sakti maka mulai saat itu sebuah kerajaan yang berdaulat dan otonom telah lahir serta ikut pentas dalam percaturan kekuasaan kerajaan-kerajaan di Bali. Pembangunan Kota kerajaan Gianyar yang berdaulat dan memiliki otonomi penuh dimulai oleh Ida dewa Manggis Sakti, generasi IV dari Ida Dewa Manggis Kuning. Sejak berdirinya Puri Agung Gianyar 19 April  1771 sekaligus ibu kota Pusat Pemerintah Kerajaan Gianyar mulainya tonggak sejarah kerajaan Gianyar. Sejak itu dan selama periode sesudahnya Kerajaan Gianyar yang berdaulat, ikut mengisi lembaran sejarah kerajaan-kerajaan di Bali yang terdiri atas sembilan kerajaan di Klungkung, Karangasem, Buleleng, Mengwi, Bangli, Payangan, Badung, Tabanan, dan Gianyar.
Ketika Belanda telah menguasai seluruh Pulau Bali, Kedelapan bekas kerajaan tetap diakui keberadaannya oleh Pemerintah Guberneurmen namun sebagai bagian wilayah Hindia Belanda yang dikepalai oleh seorang raja (Selfbestuurder) di daerah Swaprajanya masing-masing. Selama masa revolusi, ketika daerah Bali termasuk dalam wilayah Negara Indonesia Timur (NIT) otonomi daerah kerjaan (Swapraja) kedalam sebuah lembaga yang disebut Oka, Raja Gianyar diangkat sebagai Ketua Dewan Raja-raja menggantikan tahun 1947.
Bupati Kepala Derah Tingkat II Gianyar untuk pertama kalinya dimulai pada tahun 1960. Bupati pertama di Dati II Gianyar adalah Tjokorda Ngurah (1960-1963). Bupati berikutnya adalah Drh. Tjokorda Anom Pudak (1963-1964) dan Bupati I Made Sayoga, BA (1964-1965).

Kabupaten Gianyar memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik yang patut dikunjungi, berikut tempat-tempat/objek-objek wisata yang ada di kabupaten Gianyar antara lain :

Ubud Pasar Sukawati Tegalalang
Monkey Forest Ubud Tampaksiring Taman Safari Indonesia
Goa Gajah

Jam Pelayanan :

Senin - Jumat : 09.00 - 17.00 Wita

Sabtu : 09.00 - 15.00 Wita

Tour Reservation

Reservation